Perilaku
Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Kendaraan Terhadap Faktor Harga
“Pembelian
Kendaraan Secara Kredit”
Disusun Oleh
Rohadi
Setiawan (13209838)
Windy Ayu
Gusminar (13209121)
Universitas
Gunadarma
2014
I.PENDAHULUAN
Perilaku
konsumen yang menunjukan minat dalam membeli suatu produk tertentu umumnya akan
mengikuti proses pengambilan keputusan tertentu yang mengikuti langka-langkah
seperti ini : Masalah pengakuan (Kebutuhan yang tidak puas), pencarian informasi,
evaluasi hasil yang diharapkan,pembelian, dan perilaku pasca pembelian.
Proses ini
merupakan pedoman untuk mempelajari prilaku konsumen dalam membuat keputusan,
tetapi penting untuk diingat bahwa mereka bisa meninggalkan seluruh ide pada
setiap tahap, dan mereka tidak selalu terus dengan keputusan ini, proses
pembuatan hingga pembelian.
Dalam
keputusan pembelian prilaku konsumen menunjukan bahwa pada tahap pertama yang
terjadi adalah pengakuan masalah. Pengakuan masalah terjadi ketika
konsumen dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak puas (Kebutuhan untuk liburan)
dan menginginkan hasil yang terpenuhi yang memenuhi kebutuhan ini. Pengakuan
masalah ini dipicu oleh satu rangsangan eksternal (iklan) atau rangsangan internal
(Rasa kecemburuan,iri).
Inti dari
tujuan pemasaran adalah untuk membuat konsumen sadar akan kebuthan yang mungkin
merasa tidak puas, dan untuk menunjukan konsumen bagimana produk atau jasa akan
memenuhi kebutuhan itu.
II.PEMBAHASAN
Sebagai
bagian dari perilaku konsumen daam mengambil keputusan pembelian mencari
informasi-informasi terlebih dahulu dan organisasi informasi ini dalam bingkai
individu dari referensi.
Pencarian
informasi melibatkan paparan sumber yang berbeda, seperti materi promosi dan
menampilkan produk, aktif meneliti produk atau mengandalkan informasi sejarah
didalam benak konsumen, seperti prasangka-prasangka tentang produk atau
pengalaman sebelumnya (Baik atau buruk) dengan produk seperti itu. Tidak semua
keputusan membeli mengandalkan ini berat pada pengumpulan informasi, dan sejauh
mana konsumen melakukan pencarian informasi sangat tergantung pada resiko yang
dirasakan pembeli.
Namun,
prilaku konsumen yang berbeda akan terlihat dalam proses pembelian resiko
tinggi, seperti membeli mobil baru, mungkin melibatkan upaya pencarian
diperpanjang pada bagian dari konsumen, karena masalah waktu dan biaya yang
menghabiskan dalam mencari informasi yang minima dibandingkan dengan resiko
membeli kendaraan mobil yang salah.
Keputusan
konsumen untuk melakukan pembelian secara kredit biasanya timbul akibat
dorongan dari faktor biaya maupun pengaruh dari penjual. Pengaruh dari
sipenjual sendiri biasanya terjadi ketika konsumen sudah punya cukup uang untuk
melakukan pembelian. Tetapi penjua dengan segala bujuk rayunya mengusahakan
konsumen melakukan secara kredit. Faktor biaya, faktor ini biasanya yang
menjadi faktor utama prilaku konsumen melakukan pembelian kendaraan secara
kredit. Selain itu juga ada konsumen yang memang berpenghasilan cukup maka
dapat melakukan pembelian secara tunai, tetapi memilih pembelian secara kredit
mungkin ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Terkait dengan biaya maka
kebanyakan konsumen melakukan pembelian secara kredit adalah konsumen yang
tergolong mempunyai pendapatan kelas menengah.
Ada 2 faktor
dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
1. Faktor
Ekternal adalah merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial,
kebudayaan, marketing strategi dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan
kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan
perilaku konsumen.
2. Faktor
Internal, yang termasuk dari faktor internal yaitu motivasi, persepsi, sikap,
gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam
perilaku seseorang individuyang bersumber dari pengalaman, sering kali perilaku
manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.
III.
KESIMPULAN
Jadi
perilaku konsumen dalam melakukan pembelian kendaraan secara kredit itu
berdasarkan dari beberapa faktor yaitu faktor Ekternal yang meliputi pengaruh
keluarga dan faktor internal yang meliputi motivasi, serta faktor
biayapun menjadi alasan konsumen melakukan pembelian kendaraan secara
kredit. Dan yang terakhir adanya pembelian kendaraan bermotor secara kredit
juga memiliki keuntungan bagi kalangan tertentu yang belum memiliki uang penuh
untuk membeli sepeda motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar