Minggu, 19 Januari 2014

TUGAS SOFTSKILL 2 PERILAKU KONSUMEN



Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Kendaraan Terhadap Faktor Harga
“Pembelian Kendaraan Secara Kredit”







Disusun Oleh
Rohadi Setiawan (13209838)
Windy Ayu Gusminar (13209121)








Universitas Gunadarma
2014

I.PENDAHULUAN

Perilaku konsumen yang menunjukan minat dalam membeli suatu produk tertentu umumnya akan mengikuti proses pengambilan keputusan tertentu yang mengikuti langka-langkah seperti ini : Masalah pengakuan (Kebutuhan yang tidak puas), pencarian informasi, evaluasi hasil yang diharapkan,pembelian, dan perilaku pasca pembelian.
Proses ini merupakan pedoman untuk mempelajari prilaku konsumen dalam membuat keputusan, tetapi penting untuk diingat bahwa mereka bisa meninggalkan seluruh ide pada setiap tahap, dan mereka tidak selalu terus dengan keputusan ini, proses pembuatan hingga pembelian.
Dalam keputusan pembelian prilaku konsumen menunjukan bahwa pada tahap pertama yang terjadi adalah  pengakuan masalah. Pengakuan masalah terjadi ketika konsumen dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak puas (Kebutuhan untuk liburan) dan menginginkan hasil yang terpenuhi yang memenuhi kebutuhan ini. Pengakuan masalah ini dipicu oleh satu rangsangan eksternal (iklan) atau rangsangan internal (Rasa kecemburuan,iri).
Inti dari tujuan pemasaran adalah untuk membuat konsumen sadar akan kebuthan yang mungkin merasa tidak puas, dan untuk menunjukan konsumen bagimana produk atau jasa akan memenuhi kebutuhan itu.

II.PEMBAHASAN

Sebagai bagian dari perilaku konsumen daam mengambil keputusan pembelian mencari informasi-informasi terlebih dahulu dan organisasi informasi ini dalam bingkai individu dari referensi.
Pencarian informasi melibatkan paparan sumber yang berbeda, seperti materi promosi dan menampilkan produk, aktif meneliti produk atau mengandalkan informasi sejarah didalam benak konsumen, seperti prasangka-prasangka tentang produk atau pengalaman sebelumnya (Baik atau buruk) dengan produk seperti itu. Tidak semua keputusan membeli mengandalkan ini berat pada pengumpulan informasi, dan sejauh mana konsumen melakukan pencarian informasi sangat tergantung pada resiko yang dirasakan pembeli.
Namun, prilaku konsumen yang berbeda akan terlihat dalam proses pembelian resiko tinggi, seperti membeli mobil baru, mungkin melibatkan upaya pencarian diperpanjang pada bagian dari konsumen, karena masalah waktu dan biaya yang menghabiskan dalam mencari informasi yang minima dibandingkan dengan resiko membeli kendaraan mobil yang salah.
Keputusan konsumen untuk melakukan pembelian secara kredit biasanya timbul akibat dorongan dari faktor biaya maupun pengaruh dari penjual. Pengaruh dari sipenjual sendiri biasanya terjadi ketika konsumen sudah punya cukup uang untuk melakukan pembelian. Tetapi penjua dengan segala bujuk rayunya mengusahakan konsumen melakukan secara kredit. Faktor biaya, faktor ini biasanya yang menjadi faktor utama prilaku konsumen melakukan pembelian kendaraan secara kredit. Selain itu juga ada konsumen yang memang berpenghasilan cukup maka dapat melakukan pembelian secara tunai, tetapi memilih pembelian secara kredit mungkin ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Terkait dengan biaya maka kebanyakan konsumen melakukan pembelian secara kredit adalah konsumen yang tergolong mempunyai pendapatan kelas menengah.

Ada 2 faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :

1. Faktor Ekternal adalah merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategi dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen.

2. Faktor Internal, yang termasuk dari faktor internal yaitu motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individuyang bersumber dari pengalaman, sering kali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.

III. KESIMPULAN


Jadi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian kendaraan secara kredit itu berdasarkan dari beberapa faktor yaitu faktor Ekternal yang meliputi pengaruh keluarga dan faktor internal yang meliputi motivasi, serta faktor biayapun  menjadi alasan konsumen melakukan pembelian kendaraan secara kredit. Dan yang terakhir adanya pembelian kendaraan bermotor secara kredit juga memiliki keuntungan bagi kalangan tertentu yang belum memiliki uang penuh untuk membeli sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar